Rabu, Februari 21, 2024

Lewat SiHalal, Sertifikasi Halal BPJPH Bisa Diakses dari Mana saja

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Transformasi layanan sertifikasi halal dari konvensional ke digital mulai berjalan seiring digunakannya Sistem Informasi Halal (SiHalal). Kepala BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Muhammad Aqil Irham memastikan penggunaan aplikasi SiHalal memudahkan proses sertifikasi halal.

“Penggunaan Aplikasi SiHalal membantu kemudahan pelaku usaha atau masyarakat dalam mengakses layanan sertifikasi halal BPJPH,” ungkap Aqil saat menyosialisasikan SiHalal di hadapan 100 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/12).

BACA JUGA :   Siti Nur Zulaikhah: Saatnya Perempuan Ambil Peran Besar Perubahan dan Pilar Negara

SiHalal dapat diakses melalui perangkat komputer, atau smartphone dengan akses internet.

BACA JUGA :   Waspada Tanah Longsor, Jalan Lintas Bogor – Sukabumi Terancam Amblas

Penggunaan SiHalal ini, kata Aqil, dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemberian layanan sertifikasi halal sesuai kebutuhan serta harapan pelaku usaha atau masyarakat. Implementasi sistem informasi itu juga mendukung dilaksaknakannya layanan sertifikasi halal paling lama 21 hari kerja sesuai amanat regulasi JPH.

BACA JUGA :   LaNyalla: Pelaku UMKM Harus Melek Dunia Digital

“Menilik banyaknya pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, penggunaan SiHalal akan memberikan banyak kemudahan baik bagi pelaku usaha, petugas layanan, dan semua pemangku kepentingan terkait sertifikasi halal,” imbuh Aqil.

Kemudahan sertifikasi halal yang dihadirkan SiHalal terwujud dalam beberapa hal.

Pertama, SiHalal memberikan akses lebih luas dengan akses tidak terbatas oleh jam kerja. SiHalal juga dapat diakses dari mana saja secara langsung sepanjang terhubung oleh jaringan internet.

BACA JUGA :   Selama Liburan, KAI Mencatat Volume Penumpang Mencapai 593.130 Orang

Kedua, implementasi SiHalal meningkatkan dan mempercepat proses layanan dengan membangun integrasi dengan Kementerian/Lembaga, seperti dengan Online Single Submission (OSS) BKPM dan Balai Sertifikat Elektronik (BSRE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

BACA JUGA :   200 Kursi Roda dari Baznas dan BSI Bikin Pelayanan Jemaah Haji Lansia di Makkah dan Mmadinah Makin Optimal

Ketiga, SiHalal meningkatkan dan mempercepat proses layanan dengan para stakeholder sertifikat halal, dengan menerapkan integrasi data dan layanan, yaitu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Komisi Fatwa MUI.

 

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
BACA JUGA :   200 Tabung Oksigen Disumbangkan Kadin Indonesia bagi Seluruh Rumah Sakit di Gorontalo

Kapolres Bogor Mencopot 9 Anggota Polisi Terlibat Salah Tangkap Pasutri di Cileungsi Bogor

- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img