Rabu, Februari 21, 2024

Ini Nama-nama 3 Jenderal Bintang 3 yang Dimutasi di Polri

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Terjadi mutasi jabatan di Polri periode Juni 2023 di mana ada tiga jenderal polisi bintang 3 yang dirotasi jabatannya dalam organisasi Polri.

Salah satu di antaranya ditunjuk menjadi Wakapolri. Mutasi ketiga jenderal itu dilaksanakan sesuai surat telegram Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023 tertanggal 24 Juni 2023.

Telegram itu ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol Dedi Praseyo.

Siapa saja yang dirotasi tersebut?

KOMJEN POL AGUS ANDRIANTO

Komjen Pol Agus Andrianto merupakan salah satu perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam mutasi barunya, ia ditunjuk sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang telah memasuki usia pensiun.

BACA JUGA :   Per 5 Maret, Syarat Sertifikat Negatif PCR Ikut Dicabut Arab Saudi

Serah terima jabatan (Sertijab) Wakapolri dilangsungkan, Senin (3/7) sore.

BACA JUGA :   Peringkat Vaksinasi Dunia, Indonesia di Posisi 5

Agus Andrianto lahir di Blora, pada 16 Februari 1967. Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan Akpol 1989 yang memiliki segudang pengalaman dalam bidang reserse.

Kariernya di kepolisian dimulai ketika ditugaskan di wilayah hukum Polda Sumut. Sejak itu Agus mulai meniti karier dengan baik hingga berhasil menduduki posisi penting di instansi kepolisian.

Beberapa posisi strategis yang dimilikinya, seperti Kapolda Sumatera (2018), Kabaharkam (2019-2021) hingga menjadi Wakapolri (2023-sekarang).

Selain posisi penting, ia juga memiliki brevet penghargaan, seperti Brevet Pelopor Brimob, Brevet Selam Polri, Brevet Para Penerjun, dan Brevet Penyidik.

BACA JUGA :   Korban Letusan Gunung Semeru, Warga Lumajang Butuh Alkes Segera

KOMJEN POL WAHYU WIDADA

Melalui surat telegram terbaru Kapolri, Komjen Pol Wahyu Widada ditunjuk untuk menjadi Kabareskrim Polri. Sebelumnya, ia merupakan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang menggantikan Komjen Pol Ahmad Dofiri.

Wahyu Widada merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Dalam keterangannya, pria kelahiran Sleman, 11 September 1969 ini lulus dengan predikat terbaik dan mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Sepanjang karier kepolisiannya, jenderal bintang tiga ini kerap menduduki posisi penting di kepolisian. Beberapa diantaranya seperti Kapolda Gorontalo (2019), Kapolda Aceh (2020), Asisten SDM Kapolri (2021), hingga Kabaintelkam Polri (2023).

BACA JUGA :   Akselerasi Vaksin Booster di Kota Bogor Tercepat di Jawa Barat

KOMJEN POL SUNTANA

BACA JUGA :   Atasi Penurunan Cakupan Vaksinasi Anak, Kemenkes Siapkan Bulan Imunisasi Nasional

Komjen Pol Suntana lahir di Jakarta, pada 2 Juni 1966. Ia merupakan perwira tinggi lulusan Akpol tahun 1988 dan mempunyai banyak pengalaman dalam bidang intel.

Dalam mutasi terbaru Polri, namanya ditunjuk sebagai Kabaintelkam Polri untuk menggantikan Komjen Wahyu Widada di Kabareskrim.

Sebelumnya, Suntana tengah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selain dua jabatan tersebut, jenderal bintang tiga polisi ini juga tercatat pernah diamanahi menduduki posisi penting kepolisian. Sebut saja seperti Kapolda Lampung (2018), Wakabaintelkam Polri (2018), hingga Kapolda Jawa Barat (2023).

Sumber: sindonews.com

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
BACA JUGA :   Ini Tanggal Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Dinkes dan Pemkot Bogor

Kapolres Bogor Mencopot 9 Anggota Polisi Terlibat Salah Tangkap Pasutri di Cileungsi Bogor

- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img