Kamis, Juli 18, 2024

Pemerintah Fasilitasi Jamaah Sakit dengan Safari Wukuf

Must Read

MAKKAH, interakindo.com – Tahun ini 242 jemaah haji sakit melaksanakan wukuf di Arafah menggunakan layanan safari wukuf KKHI Makkah. Rombongan safari wukuf diberangkatkan dari KKHI Makkah pada pagi 9 Zulhijah atau 27 Juni 2023.

”Tahun ini kami memberangkatkan 242 jemaah haji sakit melalui layanan safari wukuf,” tutur Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo, A.K, M.M.

Safari wukuf diutamakan untuk pasien yang dirawat di KKHI Makkah, jemaah risiko tinggi (Risti) yang terjaring dari poli Risti, jemaah yang diusulkan oleh kloter yang diseleksi melalui poli safari wukuf, dan juga berasal dari jemaah yang baru pulang dari Rumah Sakit Arab Saudi menjelang kepergian ke Arafah.

BACA JUGA :   Reses Dapil III, Anggota DPRD Prabumulih Terima Aspirasi Ini

Tahun ini safari wukuf difasilitasi dengan 15 bus yaitu 6 bus untuk pasien baring dan 9 bus untuk pasien duduk. Kapasitas bus untuk pasien baring bisa menampung 8 jemaah di satu bus. Kapasitas bus untuk pasien duduk bisa menampung sekitar 25 orang.

Jemaah haji yang difasilitasi safari wukuf didampingi oleh dokter, perawat, tenaga pendukung kesehatan bidang pelayanan orang sakit, dan tim bimbingan ibadah.

BACA JUGA :   PT BAA Dianggap Cocok Bangun Pabrik Sagu di Papua Lewat Kerja Sama

Sehari sebelum pelaksanaan safari wukuf, jemaah haji peserta safari wukuf mulai masuk KKHI Makkah. Kemudian keesokan harinya para jemaah haji tersebut dibantu mandi dan dipakaikan ihram. Rombongan safari wukuf diberangkatkan dari KKHI Makkah pada pagi hari  9 Zulhijah atau 27 Juni 2023 pagi pukul 10.00 WAS.

Bus safari wukuf parkir di area Arafah hingga pukul 15.00 WAS yang kemudian dipulangkan kembali ke KKHI Makkah. Jemaah haji sepulang dari safari wukuf ditempatkan ke ruangan perawatan dan greenzone KKHI Makkah. Harapannya kondisi jemaah haji peserta safari wukuf tetap dalam kondisi yang stabil pasca pelaksanaan wukuf.

BACA JUGA :   Sumbangkan 5 ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing untuk di Kurbankan, 39 Warga Masyarakat Gotong Royong.

”Safari wukuf hanya sampai pukul 15.00 WIB lalu kami dorong rombongan untuk kembali ke KKHI Makkah untuk mendapatkan perawatan. Harapannya kondisi jemaah haji sakit ini tetap stabil,” ujarnya.

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Latest News

Pj Wako Prabumulih Kurban Satu Ekor Sapi di Desa Pangkul

SHOLAT IED : Pj Wako Prabumulih, H Elman ST MM melaksanakan sholat Ied di Masjid Al Muhajirin 1 Desa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img