Rabu, Februari 21, 2024

Sungai Ciliwung yang Menyeramkan Berubah Jadi Tempat Bermain di Musim Kemarau

Must Read

BOGOR, interakindo.com — Jangan berpikir debit air Sungai Ciliwung selalu penuh dan menyeramkan saat musim hujan. Di musim panas, debit air Ciliwung bahkan bisa mencapai 0 cm.

Itulah yang terjadi saat ini. Debit air Sungai Ciliwung menyusut hingga menyentuh angka 0 cm di Bendung Katulampa Bogor. Anak-anak memanfaatkan kondisi Ciliwung yang mengering untuk bermain layang-layang.

Pantauan detik.com di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor pada Minggu (30/7) sore, aliran Sungai Ciliwung nampak mengering. Barisan batu-batu besar di tengah aliran sungai terlihat jelas. Aliran sungai yang mengering membuat warga dengan santai berjalan di tengah dasar aliran sungai.

BACA JUGA :   Gong Si Bolong, Batik Khas Depok, Diperkenalkan di Pawai Budaya Nusantara di Padang

Kondisi Ciliwung yang mengering juga dimanfaatkan warga untuk memancing ikan di kubangan yang masih tersisa. Ciliwung yang mengering juga dimanfaatkan sejumlah orang tua jadi tempat mengasuh balitanya.

BACA JUGA :   LaNyalla: Pelaku UMKM Harus Melek Dunia Digital

Warga menyebut debit air Sungai Ciliwung mengering sekitar sebulan yang lalu. Curah hujan yang rendah membuat debit sungai terus menyusut.

“Sudah lama juga, sudah hampir sebulan lebih kondisinya begini. Karena jarang hujan ini jadi gini. Kadang ada hujan tapi kan nggak banyak, jadi airnya tetep aja nggak nambah tinggi ya kering aja begini,” kata Wawan ditemui di Sungai Ciliwung.

BACA JUGA :   Dorong Penggunaan Barang/Jasa Dalam Negeri, Kemenperin Siapkan Aplikasi Online

“Tapi memang setiap tahun begini, kalau lagi kemarau ya memang kering gini. Tapi kalau lagi musim hujan, banjir ya serem kelihatannya,” tambahnya.

Wawan menyebut setiap sore hari banyak anak kecil bermain di tengah dasar Sungai Ciliwung yang mengering. Mulai dari bermain layangan hingga memancing.

BACA JUGA :   Masjidil Haram Sewakan Skuter dan Kursi Roda untuk Tawaf dan Sai, Segini Tarifnya

“Cuma kalau buat anak kecil mah senang, jadi ada tempat main. Pada main layangan, yang anak perempuan pada main masak-masakan. Jadi pada kesenangan main di sini,” kata Wawan.***

BACA JUGA :   Youth Entrepreneurship Competition 2021 Digelar Kadin Kota Bogor
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
BACA JUGA :   Peri Ruswandi Siap Bantu Kesehatan Warga, Maju Jadi Bacaleg DPRD Kota Bogor Dapil 3 Bogor Barat

Kapolres Bogor Mencopot 9 Anggota Polisi Terlibat Salah Tangkap Pasutri di Cileungsi Bogor

- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img