Rabu, Februari 21, 2024

200 Kursi Roda dari Baznas dan BSI Bikin Pelayanan Jemaah Haji Lansia di Makkah dan Mmadinah Makin Optimal

Must Read

MAKKAH, interakindo.com – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kembali menerima bantuan kursi roda. Ada 200 kursi roda yang diberikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) setelah sebelumnya bantuan serupa diterima dari Pengurus Masjid Nabawi di Madinah.

“​Alhamdulillah, untuk meningkatkan pelayanan terhadap jamaah ramah lansia, PPIH dapat bantuan kursi roda dari dua lembaga,” terang Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, Jaja Jaelani, Kamis (15/6).

Menurut Jaja, seluruh bantuan tersebut akan segera didistribusikan untuk melayani jamaah haji lansia baik di Madinah, Makkah, maupun saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

BACA JUGA :   Melalui Co & Cho 2021, Indonesia Perkuat Penetrasi Pasar Kopi & Cokelat di Arab Saudi

Kepada jamaah haji, Jaja juga mengimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri mengingat cuaca cukup panas. “Jangan mengejar sunnah, pas wajibnya badannya tidak sehat. Saya imbau semua jamaah untuk menahan diri dan melihat kondisi cuaca sebab di Saudi berbeda di Tanah Air,” ucapnya.

BACA JUGA :   Jika Berhasil Dimekarkan, Jabar akan Punya 44 Kabupaten/Kota

Sebelumnya, PPIH Daerah Kerja (Daker) Madinah menerima bantuan kursi roda dari pengurus masjid Nabawi. Bantuan sebanyak 15 kursi roda ini diserahkan secara simbolis oleh Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan, dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus’ih A Mutairi kepda Kepala Daker Madinah Zaenal Muttaqin.

BACA JUGA :   Hadiri Hari Listri Nasional Ke-76, Asproksi DKI Jakarta Harapkan PLN Makin Maju

Penyerahan bantuan berlangsung di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6). Menurut Zaenal Muttaqin, rencananya ada 50 bantuan kursi roda yang akan diserahkan secara bertahap.

Bantuan ini, kata Zaenal Muttaqin, menjadi bagian dari kerja sama yang cukup baik antara kedua belah pihak. Pria yang akrab disapa Zaenal ini mengatakan bahwa dalam penyelenggaran ibadah haji 1444 H, ada banyak inovasi terbaru dalam rangka penguatan layanan, khususnya kepada jemaah haji lansia.

BACA JUGA :   Menkes Budi Ungkap Alasan Penambahan 3 Jenis Vaksin Rutin Lengkap

“Sebelumnya, belum ada kerja sama dengan Pelayanan Masjid Nabawi. Tahun ini kita melakukan inovasi terbaru dengan bekerja sama baik terkait dengan layanan jemaah lansia, kursi roda, dan layanan lainnya. Termasuk pemberian meja kepada petugas di sektor khusus agar lebih nyaman melayani jamaah,” katanya.

BACA JUGA :   Hadiri Hari Listri Nasional Ke-76, Asproksi DKI Jakarta Harapkan PLN Makin Maju

Bantuan kursi roda ini langsung digunakan untuk fasilitas pelayanan jemaah haji Indonesia yang masih berada di Madinah. Jemaah haji Indonesia di Madinah secara bertahap telah diberangkatkan ke Makkah sejak 1 Juni 2023.

Proses pemberangkatan ini berlangsung hingga 16 Juni 2023.***

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BACA JUGA :   Cegah Meluasnya Antraks, Kemenkes pun Makin Siap Bergerak
- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img