Rabu, Februari 21, 2024

Kloter I Mudik Lebaran Gratis Program Kemenhub Dilepas di Tanjung Priok

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, melepas keberangkatan para peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kemenhub Tahun 2023 menggunakan KM Dobonsolo tujuan Jakarta – Semarang di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (15/4).

Untuk keberangkatan pertama KM Dobonsolo tujuan Jakarta – Semarang pada 15 April 2023 mengangkut sebanyak 683 motor dan 1.493 orang.

Muhadjir menilai, penyelenggaraan program mudik gratis naik kapal pada tahun ini telah dipersiapkan dengan baik. Menurutnya mudik gratis menggunakan kapal dapat efektif mengurangi risiko kecelakaan mudik terhadap kendaraan roda dua.

BACA JUGA :   Sebrangi Sungai, Seorang Pria Hanyut Terbawa Arus.

“Tahun depan saya sarankan penambahan kapasitas supaya yang lewat jalur laut semakin banyak, untuk mengurangi risiko kendaraan roda dua,” tuturnya.

BACA JUGA :   Manfaatkan Ampas Tebu untuk Peredam Bunyi, MTsN 1 Pati Raih Medali Emas Internasional

Sementara Budi Karya memastikan program yang sudah dilaksanakan Kemenhub sejak 6 tahun lalu ini telah dipersiapkan dengan matang.

Budi menjelaskan, selain dua keberangkatan kapal dari Kemenhub, masih ada dua kapal perang yang akan diberangkatkan yaitu program mudik gratis dari TNI AL.

BACA JUGA :   Info BPKH Soal Durasi Haji Malaysia 25 Hari Itu Menyesatkan, yang Benar 45 Hari

Budi berpesan kepada peserta mudik gratis agar tidak memaksakan diri untuk langsung melanjutkan perjalanan setelah sampai di tujuan.

“Bagi yang mau melanjutkan perjalanan ke Boyolali, Sragen, Grobogan, dan lainnya agar jangan memaksakan diri jika merasa lelah. Ingat, keselamatan nomor satu, ” ujar Menhub di laman kontan.co.id.

Pada program mudik gratis naik kapal tahun ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut melaksanakan empat kali keberangkatan kapal, yaitu untuk arus mudik rute Jakarta – Semarang pada 15 dan 17 April 2023 dan untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023.

BACA JUGA :   Asproksi: Ini 2 Efek Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri

Adapun total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut yaitu 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.

BACA JUGA :   Tersedia Hadiah Puluhan Juta, Buruan Daftar sebagai Peserta Bogor Innovation Awards 2023

Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan, program ini juga dilakukan sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut dapat menjadi pilihan angkutan yang baik untuk mudik lebaran.***

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
BACA JUGA :   LaNyalla Mattaliti Didaulat Jadi Bapak Yatim Indonesia di Ponpes Al-Musri Subang

Kapolres Bogor Mencopot 9 Anggota Polisi Terlibat Salah Tangkap Pasutri di Cileungsi Bogor

- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img