Sabtu, April 13, 2024

Sambut Hari Kesehatan, Kemenag Ukuran Kebugaran Pegawai

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Kementerian Agama menggelar pengukuran kebugaran pegawai dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021.

Program pengukuran kebugaran pegawai ini merupakan kerja sama Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) khususnya Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan.

Kegiatan dibuka oleh Sekjen Kemenag Nizar, diikuti pegawai dari perwakilan unit eselon I Kementerian Agama di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta pada Selasa (30/11).

“Pengukuran kebugaran pegawai ini merupakan program pemerintah bagi seluruh ASN pada Kementerian/Lembaga dalam rangka memantau tingkat kebugaran jasmani pegawai,” kata Nizar didampinggi Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Fesal Musaad.

BACA JUGA :   INA-LAC Business Forum 2023: Terobosan Besar Meningkatkan Konektivitas Bisnis RI-Amerika Latin dan Karibia

Menurut Sekjen pengukuran kebugaran pegawai dilakukan dengan melakukan tes jalan enam menit yang kemudian hasilnya dikonversi sesuai usia dan jenis kelamin melalui sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan RI yakni Sipgar.

Sipgar ini merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metoda Rockport atau dengan metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter.

BACA JUGA :   Inilah Rayendra, Sosok Calon Penerus Bima Arya sebagai Wali Kota Bogor

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi ASN Kemenag sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat agar sehat dan bugar sehingga akan berdampak pada meningkatkannya kinerja dan produktivitas dalam melaksanakan tugas setiap saat,” tandas Sekjen.

Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Fesal Musaad sekaligus ketua panitia penyelenggara kegiatan menambahkan pengukuran kebugaran pegawai Kementerian Agama dilakukan dengan metode random sampling dari perwakilan atau representase masing-masing satuan unit eselon I sebagai pilot project.

BACA JUGA :   Mulai Oktober, Fitur PeduliLindungi Bisa Diakses di Aplikasi Lain

“Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 50 pegawai yang berasal dari perwakilan unit eselon I pusat. Kegiatan ini didampingi Tim Pendampingan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI,” kata Fesal.

Hari Kesehatan Nasional sendiri jatuh pada 12 November 2021.

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Latest News

Tim Elang Muara Polsek Cambai dan Tim Gurita Polres Prabumulih Jemput dan Langsung Amankan Pelaku Pembacokan

BACOK : Tim Elang Muara Polsek Cambai meringkus pelaku pembacokan korban hingga meninggal dunia, Doni, 28 tahun, Rabu. Foto...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img