Senin, April 15, 2024

Dipusingkan dengan Sariawan? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Sariawan dapat dipicu oleh banyak hal, seperti cedera akibat benturan di area mulut, tergigit, tergesek kawat gigi, atau menyikat gigi terlalu keras.

Sariawan bisa juga terjadi lantaran infeksi virus, bakteri, maupun jamur, serta kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B, zinc, atau zat besi, hingga efek pengobatan, misalnya kemoterapi.

Selain itu, sariawan juga bisa dipicu oleh gangguan hormon, autoimun, serta alergi makanan dan obat.

Sariawan dapat muncul baik secara akut, kronis, ataupun hilang timbul tergantung faktor penyebabnya. Jika imunitas atau daya tahan tubuh baik, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1–2 pekan. Namun, untuk membantu penyembuhan sariawan dan meredakan nyerinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

CARA  MENGATASI SARIAWAN

Untuk menghilangkan sariawan ringan, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti air garam hingga minyak kelapa. Sedangkan untuk mengatasi sariawan yang sering berulang atau tergolong parah, Anda perlu menggunakan obat.

BACA JUGA :   AAA Greencell Quantum Energy Hydrogen Water Processor Jamin Kesehatan Ada Lebih Baik

Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara menghilangkan sariawan yang sudah umum dilakukan. Walau sedikit perih, cara ini cukup efektif, lho.

Garam memiliki sifat antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Inilah yang membuat berkumur air garam dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Larutan air garam dibuat dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat. Setelah semua garam larut, berkumurlah beberapa detik dengan larutan ini. Cara menghilangkan sariawan dengan berkumur air garam bisa dilakukan hingga beberapa kali dalam sehari.

Mengoleskan madu

Madu diketahui memiliki efek antibakteri dan antiperadangan. Makanya, tidak heran kalau bahan pemanis alami ini dinilai efektif untuk mengatasi sariawan.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya ke sariawan, mengonsumsinya langsung, atau mencampurkannya ke dalam teh. Untuk menghilangkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu ke sariawan hingga 4 kali sehari.

BACA JUGA :   Bagaimana Jagung Bisa Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes? Gini Penjelasannya

Berkumur dengan air daun sage

Daun sage sudah sejak lama digunakan sebagai campuran dalam obat kumur. Bahan herbal ini diketahui mengandung antioksidan serta memiliki efek antiperadangan dan antibakteri.

Selain itu, daun sage juga memiliki sifat astringen sehingga bisa mengerutkan jaringan yang luka. Dengan menggunakan air seduhan daun sage sebagai obat kumur, luka sariawan diharapkan bisa mengecil dan nyerinya bisa reda.

Kamu dapat membuat obat kumur alami ini dengan cara merendam beberapa daun sage di dalam air panas selama 5 menit, kemudian saring airnya. Tunggu larutan dingin sebelum digunakan, lalu kumur-kumur larutan tersebut selama beberapa menit.

Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan sariawan yang nyaman. Sifat antimikroba dan antiperadangan yang dimiliki minyak kelapa mampu meredakan nyeri dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

BACA JUGA :   Raffi Ahmad Berharap Turnamen Basket FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta Berjalan Sukses

Tidak hanya efektif untuk menghilangkan sariawan, minyak kelapa juga memiliki rasa yang enak dan penggunannya pun praktis. Cukup oleskan minyak ini langsung ke sariawan, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Menggunakan obat oles sariawan

Selain memanfaatkan bahan alami, cara menghilangkan sariawan dengan nyaman juga bisa menggunakan obat oles sariawan. Salah satu kandungan yang dinilai dapat meredakan peradangan dan rasa sakit pada sariawan adalah triamcinolone acetonide.

Zat ini memiliki efek antiradang, antialergi, antipruritus, sehingga dapat membantu meredakan nyeri dan bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Selain itu, sebaiknya gunakan obat oles sariawan yang membantu membentuk lapisan pada jaringan mukosa mulut yang sedang mengalami luka atau iritasi.

Namun, sebelum menggunakan obat oles sariawan, pastikan untuk membaca dan mengikuti aturan penggunaan yang tertera di kemasan obat, atau bila perlu, konsultasikan dahulu dengan dokter.***

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Latest News

Peduli Pemudik, Mobil Mogok Satlantas Polres Prabumulih Lakukan Ini

BANTU : Kanit Gakkum Satlantas Polres Prabumulih, Ipda Reno Oktarua membantu mobil pemudik mogok ketika melintasi Prabumulih, belum lama...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img