Rabu, Februari 21, 2024

Lewat Kerja Sama Pemkot Bogor dan IPB University, Bogor Bisa Jadi Kota Halal

Must Read

KOTA BOGOR, interakindo.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor jalin kerja sama dengan IPB University tentang Masterplan Kawasan Agrowisata Halal di Kelurahan Rancamaya. Penandatanganan dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah dan Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB University Prof. Dodik Ridho Nurrochmat di Ruang Sidang PSP3 – LPPM IPB University, Kota Bogor, Jumat (25/3).

“Alhamdulillah MoU ini bisa ditandatangani. Kalau dilihat dari lokasinya memang bagus dan dari IPB University juga jatuh cinta,” kata Syarifah.

Luasannya kata Syarifah, ada kurang lebih 9 hektare. Pada saat membuat master plan sudah ada beberapa floating dan ada beberapa yang sudah digunakan PDAM. “Ada beberapa juga yang kita rencanakan menjadi kebun durian dan kopi,” sebutnya.

BACA JUGA :   LaNyalla: Pelaku UMKM Harus Melek Dunia Digital

Ke depan lokasi ini rencananya akan dibangun kawasan agrowisata. Di sisi lain, aksesibilitas strategis mengingat dekat dengan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang memungkinkan ke Bogor, Sukabumi, Cianjur bahkan Jakarta, sehingga mendukung untuk suplai.

BACA JUGA :   120 Orang Angkatan Pertama Sekolah Pemerintahan Desa Diwisuda Bupati Bogor

Ia mengaku tertarik dengan konsep IPB University, karena hal tersebut membuat UMKM halal food atau semacam smart halal food center. Apalagi master plan kawasan agrowisata halal sinergi dengan kebijakan Pemkot Bogor yang sejak tahun 2010 menerbitkan Perwali Kota Halal.

“Harus diakui memang kurang berjalan dengan baik, tapi dengan adanya kesepakatan ini semoga jadi awal yang lebih baik dalam mewujudkan Kota Bogor sebagai kota halal,” jelasnya.

BACA JUGA :   Kemenkes Siap Guyur Dana Rp12 Miliar untuk Pembangunan 2 Puskesmas di Lombok Tengah

“Kita memiliki 68 UMKM dan baru 0,06 persen yang sudah memiliki sertifikasi halal. Jadi ini gayung bersambut dalam usaha menuntaskan dan meningkatkan yang halal serta lainnya,” kata Syarifah yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB University Prof. Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan, pihaknya merasa sangat senang mendapat kepercayaan dari Pemkot Bogor untuk bersama-sama membuat masterplan kawasan agrowisata halal.

BACA JUGA :   Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 Total 24 Hari, Berapa Hari Libur Idul Fitri?

Dari masterplan tersebut menurutnya, ada dua hal yakni masterplan wisata halalnya yang diharapkan bisa membantu Pemkot Bogor dan masyarakat Kota Bogor yang betul-betul fungsional, tidak hanya gambarnya yang indah, tetapi bisa dimanfaatkan untuk perkembangan agrowisata halal.

BACA JUGA :   Terpilih Jadi Ketua Baru Kadin Kota Tangerang, Begini Tekadnya Budi Prasetyo Majukan Ekonomi Rakyat

Selain itu tentu saja sangat penting tidak hanya dari segi arsitektur, aksesibilitas dan sosial ekonomi harus diperhatikan.

Usai penandatanganan, kegiatan dilanjut dengan agenda kick-off meeting yang membahas rencana pendukung dengan menghadirkan Prof. Yonny Koesmaryono yang menyampaikan materi rencana kegiatan penyusunan masterplan Agrowisata Halal Rancamaya.

Kemudian, Sugiyono menyampaikan pengembangan pusat distribusi pangan halal terintegrasi dan terakhir Prof. Khaswar Syamsu yang memaparkan pengembangan UMKM Center berbasis rantai produk halal.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA :   Kemendikbudristek Libatkan UMKM dan Satuan Pendidikan Berpartisipasi dalam Gernas BBI

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img