Rabu, Februari 21, 2024

Asam Lambung Kumat? Bisa Coba Tanaman Herbal yang Cespleng

Must Read

JAKARTA, interakindo.com — Saat asam lambung mendadak kambuh, penderitanya akan mengalami rasa sakit dan tidak nyaman. Nyeri di bagian perut, mual, hingga muntah bisa dialami. Asam lambung tinggi bisa dikarenakan telat makan, stress, infeksi bakteri, hingga tumor.

Sebagian besar kasus asam lambung tidak berbahaya. Namun, orang bisa terganggu aktivitasnya karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.  Tenang saja, ada banyak cara mudah atasi asam lambung, salah satunya dengan tanaman herbal. Berikut rangkuman herbal yang membantu Anda untuk redakan asam lambung.

TINGGI SERAT

Mengonsumsi makanan tinggi serat akan membuat seseorang kenyang lebih lama dan mencegah naiknnya asam lambung. Makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi tubuh contohnya, gandum, oat, pasta gandum, beras coklat, kulit kentang, kacang-kacangan, dan brokoli.

BACA JUGA :   10 Remaja Diamankan Kepolisian Bogor, Diduga Janjian Mau Tawuran

MADU

BACA JUGA :   Operasi Pasar Murah Sejak Kenaikan BBM Digelar di Kecamatan Bogor Utara

Madu memilki efek melindungi lambung dengan menghambat pertumbuhan bakteri di lambung, serta menyembuhkan ulser peptik. Madu terbukti memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan menyembuhkan luka.

BUNGA KANTIL

Bunga kantil atau cempaka putih sering dikaitkan dengan segala sesuatu yang berbau mistis atau gaib. Namun ternyata, air rebusan bunga kantil dipercaya ampuh mengatasi masalah pada perut, termasuk asam lambung.

THE HERBAL

Dilansir dari Medical News Today (30/3/2021), teh bisa meningkatkan sistem pencernaan dan meredakan gejala seperti mual dan pusing.  Selain itu, meminum secangkir teh juga bisa membuat Anda lebih tenang dan mengurangi stress. Stress merupakan salah satu pemicu asam lambung meningkat.  Anda bisa mencoba meminum teh chamomile dan teh hijau. Hindari meminum teh mint karena ini justru bisa memicu asam lambung Anda.

BACA JUGA :   Peduli Cianjur, Bazaar di RW 06 Ciledug Indah I Ramai Dikunjungi Warga

KUNYIT PUTIH

Kunyit putih adalah salah satu tanaman rimpang yang memiliki khasiat menetralkan asam lambung. Kunyit putih mengandung saponin, flavonoid, dan kurkumin yang baik untuk lambung dan saluran pencernaan.

DAUN PEPAYA

Daun pepaya mengandung flavonoid dan fenol yang jauh lebih tinggi dibandingkan buahnya. Kandungan ini terbukti memberi efek signifikan dalam menurunkan asam lambung.  Rasanya pahit namun enak, membuat daun pepaya sering dijadikan sayur untuk dikonsumsi sehari-hari.

BACA JUGA :   Kepergian Budayawan Betawi Ridwan Saidi, Kerugian Besar bagi Bangsa Indonesia

BUAH DEWANDARU

BACA JUGA :   Peluncuran Mansion Sports Bar & Lounge, Maria Ozawa Diundang Khusus

Buah dewandaru atau sebagian orang mengenalnya dengan buah ceremai memiliki antioksidan tinggi dan berkhasiat mengurangi asam lambung. Buahnya kecil berwarna hijau, oranye, dan merah dengan rasa yang asam segar.

JAGA POLA HIDUP SEHAT

Selain menjaga asupan makanan Anda dan mengonsumsi herbal untuk asam lambung, Anda juga harus menjaga pola hidup sehat untuk mencegah asam lambung naik.  Istirahat yang cukup, makan teratur, berhenti merokok, dan hindari makan-makanan yang pedas akan sangat membantu Anda menjaga asam lambung tetap stabil.

Sumber: Kontan.co.id

 

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA :   Fazhra Fawwaz: Media Center Bisa Jadi Inspirasi Provinsi Lain

- Advertisement -spot_img
Latest News

Begini Tekad Riko dan Firza di 3 Pertandingan di Bali

Interakindo.com - Seluruh anggota skuad Macan Kemayoran kini mengarahkan fokus pada dua laga kandang yang akan digelar di Stadion...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img